TIPS HIDUP BAHAGIA DAN SUKSES  

Diposting oleh MawaNhER4eveR

Pertama kali saya baca,isinya lngsng menarik perhatian saya..
mngkin dengan bacaan ini, saya bisa sedikt memahami apa dan bagaimana menjalani hidup...
inilah tips hidup bahagia dan sukses :
1. Bersyukur Apabila Mendapat Nikmat
Allah SWT pasti akan menambah nikmat pada kita andai kita pandai bersyukur. Dan ingat satu hal, Allah maha pemberi rezeki. Ketika kita banyak mengucap syukur, insyaAllah rezeki akan semakin terbuka dari berbagai arah, karena Allah maha kaya dan maha pemberi nikmat.

2. Tawakkal Apabila Mempunyai Rencana atau Program
Tidak ada sesuatu di muka bumi ini yang bisa instant terjadi, ketika kita punya suatu rencana, istiqomah wajib jadi pegangan kita. Suatu pekerjaan yang istiqomah dilakukan, suatu saat kelak pasti akan membuahkan hasil. Dan Allah maha tahu yang terbaik kapan program kita akan dapat berjalan sesuai dengan rencana kita.

3. Jangan Menyesal Atas Sesuatu Kegagalan.,
Gagal bukan berarti segala-galanya, tapi awal menuju sukses, ketika gagal mendera, jangan terpuruk, namun segeralah bangkit untuk mencari jalan terbaik/yang lebih baik dari sebelumnya. Allah maha menatap segala iktiar kita dan tahu apa yang terbaik untuk kita.

4. Jangan Putus Asa dalam Menghadapi Kesulitan.
Dalam Al-qur’an jelas tertera, setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Jadi apa yang perlu kita takutkan ?, janji Allah SWT sudah pasti. Yakinlah jalan indah akan terbuka lebar setelah kita melewati masa-masa penuh ujian.

5. Jangan Sombong Kalau Sudah memperoleh Kesuksesan.
Ingat, Allah bisa sewaktu-waktu mencabut semua nikmat yang Allah berikan, termasuk sukses yang sedang kita rasakan andai kita lupa pada sang pemberi nikmat. Sukses yang kita raih bukan karena kehebatan kita, tapi karena kemurahan Allah SWT.

6. Jangan Terlalu Ambisius Akan Suatu Kedudukan.
Ambisi yang berlebihan hanya membuat batin kita menjadi lelah. Apalagi kalau sudah berfikir akan menghalalkan berbagai macam cara untuk meraihnya. Lakukan segalanya dengan cara yang baik dan lurus.

7. Jangan Campuri Harta Kita dengan Harta Haram.
Harta haram tidak akan membuat hidup kita bahagia karena jauh dari Ridha Allah SWT. Lebih baik sedikit tapio berkah daripada banyak tapi tidak barokah.

8. Jangan Biasakan Melakukan Dosa-dosa Kecil.
Jika kita terbiasa dengan dosa kecil, dosa besar akan mudah kita lakukan. Jika hidup kita sudah berkubang dosa, ketntraman tidak akan pernah ada. Jadi, pintu sukses akan jauh dari genggaman kita.

9. Jangan Ada Rasa Takut Kecuali hanya pada Allah SWT.
Allah SWT pemilik kehidupan, maha menggenggam segalanya. Hanya pada Allahlah segala rasa takut kita tercurah. Ketika kita akan mengerjakan sesuatu, lakukan dengan sungguh-sungguh dan hanya bersandar pada Allah SWT.

10. Cintailah Seseorang dengan Tidak Berlebihan.
Cinta hakiki dan sejati hanya untuk Allah SWT, karena Allah SWT tidak pernah meninggalkan kita. Manusia bisa berkhianat dan meninggalkan kita sewaktu-waktu. Saat kita mencintai manusia yang berlebih-lebihan, yakinlah suatu saat hanya kecewa yang kita dapatkan.

11. Menikah Kalau Sudah Siap Segalanya.
Menikah insyaAllah akan bisa memberikan ketenangan dalam batin kita. Apalagi rumah tangga kita akan menjadi samara ( sakinah, mawaddah, warahmah ). Untuk yang belum menikah, masukkan agenda menikah sebagai prioritas.

12. Hargai Waktu dan Disiplin.
Dengan mengingat surat Al-ashr insyaAllah kita akan bisa menghargai waktu dengan maksimal. Agar kita tidak menjadi orang yang merugi. Kelak setiap detik waktu yang kita milikin diminta pertanggunjawabannya.

13. Sediakan Waktu untuk Santai dengan Keluarga.
Sesibuk apapun kita, jangan sampai meninggalkan kemesraan dalam keluarga. Karena keluarga adalah bagian dari kehidupan kita. Dengan keluarga yang indah, hidup kita akan tenteram. Jadikan keluarga kita menjadi surga dalam kehidupan kita.

14. jauhkan Diri dari Hutang.
Banyak hutang tidak akan membuat hidup kita tenteram, karena tiap saat kita selalu dikejar-kejar perasaan harus segera menyelesaikan. Jangan biarkan kita terbiasa hutang, kecuali dalam keadaan sangat terpaksa. Terapkan hidup sederhana sesuai dengan kemampuan kita.

15. Ingat, Dunia Hanya Sementara.
Dengan menghargai/menginggat hal ini, tidak akan ada rasa tamak dalam hidup kita yang membuat batin kita lelah. Sadari bahwa hidup ini hanya sesaat, sehingga kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya.

16. Tahajud, Berdo’a, Istighfar dan Baca Al-Qur’an.
Bangun tengah malam, mengadu pada Allah SWT akan segala permasalahan kita, istighfar dan ditutup dengan membaca Al-qur’an insyaAllah akan membawa hidup kita menjadi lebih tenang dan bahagia. Tak lupa keyakinan pada Allah SWT, bahwa Allah maha mendengar do’a-do’a kita. Tiada lagi yang perlu kita takutkan lagi dalam hidup ini.


17. Maafkan Orang lain.
Walau orang lain sudah berbuat salah pada kita, jangan biarkan hari kita berkeras untuk tidak mau untuk tidak mau memaafkannya. Allah SWT yang maha sempurna saja selalu memaafkan semua kesalahan hamba-hamba-NYA. Kenapa kita makhluk yang lemah harus sombong dengan tak mau memaafkan kesalahan orang lain.

18. Jangan Benci pada orang yang Membenci Kita.
Benci pada orang lain hanya akan membekar hati, membuat hidup kita tidak tenang. Tiada satupun manusia yang sempurna di dunia ini. Andai mereka/ orang-orang disekitar kita punya sikap yang kurang baik, jangan benci mereka.

19. Ringankan Beban Orang Lain.
Berbagi akan membantu hidup kita menjadi lebih berarti. Jangan berpangku tangan. Keluarlah dari dunia yang mengungkung kita selama ini, mulailah berinteraksi dengan sesama untuk berbagi dan saling menolong satu sama lain.

20. Lihat Orang yang Lebih Miskin daripada Kita.
Dengan melihat kebawah, menatap orang-orang yang jauh kurang beruntung hidupnya dibanding kita, akan membuat hati kita senantiasa bersyukur dan bahagia. Tapi, kita hanya melihat orang-orang kaya di sekitar kita. Jika tak bisa mengendalikan diri yang ada hanya iri hati

Semoga dapat dijadikan sebagai bahan renungan bagi kita semua...Amien